cover
Contact Name
Ashadi Cahyadi
Contact Email
olahraga.ikippgriptk@gmail.com
Phone
+6285245805803
Journal Mail Official
olahraga.ikippgriptk@gmail.com
Editorial Address
LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116 Telp. (0561) 748219
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Olah Raga
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 20892829     EISSN : 24071528     DOI : http://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1333
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Olah Raga (JPO) is a scientific journal published by LPPM IKIP PGRI Pontianak. This journal aims to accommodate the publication of scientific work for academics, researchers, and practitioners covering educational, performance, and recreational sports. This journal is published twice a year, in June and December. In the end, this Journal can provide a description of the development of science and technology in the field of sports, and with p-ISSN: 2089-2829 and e-ISSN: 2407-1528. (https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/about/editorialPolicies#focusAndScope)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga" : 9 Documents clear
MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN MICRO TEACHING PENJAS DENGAN METODE PROBLEM SOLVING MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK Ashadi Cahyadi, Iskandar,
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.734 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v5i2.382

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningatkan kreativitas mahasiswa dalam memodifikasi media pembelajaran penjas. Penelitian ini dilakukan di IKIP-PGRI Pontianak Kalimantan Barat pada semester Genap Tahun Akademik 2015/2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan orientasi pada kreativitas mahasiswa  sebagai solusi dari permasalahan pembelajaran penjas yang muncul dengan menggunakan teknik pembelajaran Problem Solving . Penelitian ini dilakukan di IKIP-PGRI Pontianak pada mahasiswa semester VI pada mata kuliah Micro Teaching Kelas A Sore sebanyak 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas mahasiswa dalam memodifikasi media pembelajaran  penjas pada mata kuliah micro teaching Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatandan Rekreasi sebagai dampak dari problem solving. Kata Kunci: Kreativitas, modifikasi media pembelajaran, metode pemecahan  masalah.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP SIKAP SPORTIVITAS SISWA DALAM PENDIDIKAN JASMANI Sobarna, Akhmad
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.151 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v5i2.377

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap sikap sportivitas siswa dalam Pendidikan Jasmani; (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap sikap sportivitas siswa dalam Pendidikan Jasmani; dan (3) Untuk mengetahui manakah yang paling berpengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan pembelajaran konvensional terhadap sikap sportivitas siswa dalam Pendidikan Jasmani. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMK Bhakti Kencana Cimahi sebanyak 234 orang, sampelnya adalah 43 orang. Instrumen penelitian yaitu angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap sikap sportivitas siswa dalam Pendidikan Jasmani; (2) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap sikap sportivitas siswa dalam Pendidikan Jasmani; dan (3) Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament paling berpengaruh terhadap sikap sportivitas siswa dalam Pendidikan Jasmani dibanding dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Teams Games Tournament, sikap sportivitas, Pendidikan Jasmani.
PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN Pahliwandari, Rovi
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.139 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v5i2.383

Abstract

Belajar merupakan proses manusia dalam memperoleh pengetahuan atau menguasai pengetahuan melalui pengalaman, mengingat, mendapatkan informasi atau menemukan. Aliran kognitif memandang kegiatan belajar bukanlah sekadar stimulus atau respon yang bersifat mekanistik, tetapi lebih dari itu kegiatan belajar juga melibatkan kegiatan mental yang ada di dalam diri individu yang sedang belajar. Struktur mental individu tersebut berkembang sesuai dengan tingkatan perkembangan kognitif seseorang. Semakin tinggi tingkat perkembangan kognitif seseorang, semakin tinggi pula kemampuan dan keterampilan dalam memproses berbagai informasi atau  pengetahuan yang diterimanya dari lingkungan. Kognitif sangat berperan dalam penerapan praktik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, dengan memberikan pemahaman, menerapkan dalam permainan, sehingga menjadi automatisasi. Yang dimulai dari kognitif-afektif dan melahirkan automatisasi dalam gerak. Dalam kegiatan  pembelajaran, keterlibatan siswa secara aktif amat dipentingkan. Untuk menarik minat dan meningkatkan  retensi belajar perlu mengaitkan pengetahuan beru dengan struktur kognitif yang telah dimiliki siswa. Kata Kunci: Kognitif, belajar, automatisasi.
PENGARUH LATIHAN KOORDINASI MATA KAKI TERHADAP KEMAMPUAN KETEPATAN SHOOTING PADA MAHASISWA UKM SEPAK BOLA PUTRA Effendi, Awang Roni
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.462 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v5i2.378

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan koordinasi mata kaki terhadap kemampuan ketepatan shooting pada mahasiswa UKM sepak bola putra IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan bentuk penelitian pretest posttest group desain. Mahasiswa yang dilibatkan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa UKM sepak bola putra IKIP-PGRI Pontianak yang berjumlah 20 orang. Data penelitian dikumpulkan mengunakan tes berbentuk tes passing untuk mengukur kemampuan ketepatan shooting. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik dengan mengunakan rumus t-test menggunakan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan N-1 menggunakan rumus pendek (Short method). Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh latihan koordinasi mata kaki terhadap kemampuan ketepatan shooting pada mahasiswa UKM sepak bola putra IKIP PGRI Pontianak. Kata Kunci: Koordinasi mata kaki sepak bola, shooting.
PENINGKATAN SERVIS PANJANG BULUTANGKIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING Yane, Stephani
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.609 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v5i2.384

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis panjang bulutangkis melalui model problem based learning pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Variabel yang terdapat dalam penelitian ini adalah variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikatnya adalah servis panjang bulutangkis, sedangkan variabel bebasnya adalah model problem based learning. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 28 orang, yaitu 16 orang putri dan 12 orang putra. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui model problem based learning terbukti dapat meningkatkan keterampilan servis panjang bulutangkis. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan keterampilan servis panjang bulutangkis yang cukup baik, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 60,20 atau dalam persentase sebesar 35,71% sedangkan nilai rata-rata pada siklus II adalah 74,15 atau dalam persentase sebesar 78,57%. Kata Kunci: Servis panjang bulutangkis, problem based learning, hasil belajar.
METODE PEMBELAJARAN DAN MODIFIKASI BOLA PADA PROSES PEMBELAJARAN BOLAVOLI Irwanto, Edi
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.268 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v5i2.379

Abstract

Seorang guru didalam melaksanakan proses pembelajaran dihadapkan pada berbagai tantangan seperti bagaimana cara bertindak atau bersikap yang tepat, apa metode penyajian yang paling efektif, permainan apa yang bisa dipakai, apa langkah-langkah yang paling efisien yang bisa menumbuhkan minat belajar siswa. Dari hasil-hasil penelitian terdahulu menyebutkan bahwa penggunaan metode pembelajaran tertentu, memodifikasi bola, dan proses pembelajaran, serta minat bermain mempengaruhi hasil belajar passing bawah bolavoli. Metode yang sering digunakan dalam proses pembelajaran passing bawah bolavoli adalah metode permainan dan modifikasi bola. Metode-metode tersebut juga bisa menumbuhkan minat siswa bermain bolavoli. Kata Kunci: Metode pembelajaran, modifikasi bola, proses pembelajaran, minat bermain bolavoli.
HUBUNGAN KESEGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI Dewi, Utami
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.797 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v5i2.385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesegaran jasmani siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pontianak dengan hasil belajar Pendidikan Jasmani di sekolah. Selain itu penelitian ini juga untuk mendapatkan informasi tentang hasil dari setiap item tes kebugaran jasmani. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes kesegaran jasmani Indonesia (TKJI) dan hasil belajar Pendidikan Jasmani. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesegaran jasmani dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pontianak dengan tingkat koefisien korelasi yang rendah. Kata Kunci: Kesegaran jasmani, hasil belajar Pendidikan Jasmani.
TANTANGAN PENDIDIKAN TINGGI KEOLAHRAGAAN DALAM MENGHADAPI MEA Mulya, Gumilar
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.387 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v5i2.380

Abstract

Sistem perdagangan bebas atau freetrade antara negara-negara anggota ASEAN termasuk Indonesia telah menyepakati suatu perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau Asean Economic Community. Salah satu tujuan MEA adalah untuk melakukan pengubahan ASEAN menjadi suatu daerah perdagangan yang bebas barang, investasi, tenaga kerja terampil, jasa dan aliran modal yang lebih bebas lagi. Hal tersebut mau tidak mau akan berdampak pada dunia pendidikan termasuk penyelenggara Lembaga Pendidikan Tinggi Keolahragaan. Kemenristekdikti sudah mewacanakan “Rektor Impor” guna menghasilkan perguruan tinggi yang berkualitas karena sudah ada bukti di beberapa negara berhasil menaikan peringkat perguruan tinggi setelah dilakukan impor rektor. Jika hal tersebut sudah menjadi kesepakatan, bukan tidak mungkin selain rektor, dosen pun dapat di impor, kesiapan perguruan tinggi untuk menyaring dan menerima dosen dari luar dan kesiapan untuk mengekspor dosen ke negara ASEAN lainnnya menjadi bahan kajian bersama agar Indonesia tetap diakui keberadaannya, menjadi tuan rumah di negaranya sendi tanpa alergi dengan perkembangan ilmu pengetahuan di luar negeri. Peran LPTK Keolahragaan dalam menghasilkan guru PJOK sangat dipertaruhkan guna menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi dalam menghadapi MEA maupun WTO pada 2020.Kata Kunci: Pendidikan, mutu, MEA.
KINERJA MENGAJAR GURU PENJAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENILAIAN PORTOFOLIO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEPAK BOLA SISWA Rustanto, Heri
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.522 KB) | DOI: 10.31571/jpo.v5i2.381

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Persiapan guru Penjas dalam mengimplementasikan penilaian portofolio pada teknik dasar; (2) Kinerja mengajar guru Penjas dalam mengimplementasikan penilaian portofolio pada keterampilan taktis; dan (3) Hambatan dan upaya yang dilakukan guru Penjas dalam mengimplementasikan penilaian portofolio. Subjek penelitian adalah guru Penjas SMA Negeri 3 Pontianak. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persiapan guru Penjas dalam mengimplementasikan penilaian portofolio pada keterampilan teknik dasar secara umum berada pada kategori Baik; (2) Kinerja mengajar guru Penjas dalam mengimplementasikan penilaian portofolio pada keterampilan taktis secara umum berada pada kategori Baik; dan (3) Hambatan dan upaya yang dilakukan guru Penjas dalam mengimplementasikan penilaian portofolio terkait dengan penampilan bermain siswa merupakan fokus sasaran keberhasilan Pembelajaran melalui pendekatan taktis. Kata Kunci: Kinerja mengajar, penilaian portofolio, prestasi belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Olahraga More Issue